Thursday, June 18, 2020

My Bisnis

 Bikin Bisnis Planning Gak Ribet Kok! Ini Panduan Lengkapnya



Haloo semua~ berjumpa lagi bersama saya Gasel!
Kali ini saya akan membuat artikel dengan judul "My Bisnis". Yap sesuai judul disini saya bakal bahas bisnis saya, bisnis yang akan saya jalankan adalah bisnis cafe yang menjual makanan dan minuman.

Di artikel ini bakal saya jelasin secara singkat (Executive Summary) bagaimana saya akan menjalankan bisnis saya dan disini juga akan saya buatkan 9 building blocknyaa (sebelumnya kalian bisa buka artikel saya sebelumnya yang sudah membahas BMC di link ini https://gasel22.blogspot.com/2020/04/business-model-canvas_17.html).

Oke langsung saja kita mulai yaa.
Nah sebelum memulai bisnis alangkah baiknya kalian mencari sumber ide terlebih dahulu, kalau saya mendapatkan sumber ide dari hobby saya yang suka makan di cafe-cafe terdekat. Ketika saya mengunjungi cafe tersebut, munculah keinginan untuk membuat cafe yang bisa dikunjungi oleh segala kalangan usia. Di cafe ini saya akan membuat sebuah makanan dan minuman yang beraneka ragam, seperti roti, kopi, ice cream, waffle, kue, dan lain-lain. Makanan dan minuman yang disajikan pun akan terlihat "unik" karena akan disajikan dengan memiliki ciri khas dari cafe yang akan saya jalankan dan pastinya berbeda dari cafe-cafe yang sudah ada sebelumnya.

Untuk team organisasi, saya akan membuka cafe dimana pengelolanya adalah saya sendiri dan keluarga saya, yappp bisa dibilang ini bisnis keluarga sih. Alasan saya kenapa membuka bisnis keluarga adalah agar pengelolaannya lebih mudah dan saya akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak hehe.

Karena sekarang teknologi semakin canggih, pemasaran dalam bisnis cafe saya ini bisa melalui media sosial, dan saya juga akan mendaftarkan bisnis saya ke dalam Gofood dan Grabfood agar bisa dijangkau lebih mudah oleh konsumen. Saya juga bisa memasarkannya melalui "endorsment" pada beberapa orang yang sekiranya memiliki pengaruh yang besar dalam bisnis saya seperti artis, selebgram dan lain-lain.Target pemasaran saya adalah semua kalangan usia, dari yang muda sampai yang tua, dan saya akan menjual makanan dan minuman dalam tarif yang relatif murah/terjangkau agar mendapatkan banyak peminatnya.

Dalam hal keuangan, untuk modal awal yang diciptakan bisa melalui tabungan pribadi/tabungan keluarga. Cari lokasi yang strategis yang bisa dijangkau oleh orang banyak, untuk memungkinkan saya mendapatkan modal awal/balik modal. Kalau bisa jangan sampai minjam uang ke bank karena prosesnya yang sulit dan terlalu banyak resiko yang akan diambil.

Nah selanjutnya saya akan membahas 9 Building Block yang ada dalam BMC (Business Model Canvas) dari bisnis saya

1.  Customer segment: Mahasiswa, siswa, dan pekerja kantor
2. Value proposition: Menyediakan makanan dan minuman ala cafe dan unik dengan harga yang terjangkau
3. Channel: Aplikasi Gojek, Grab, cafe (toko), media sosial (Instagram, Twitter, Facebook)
4. Customer relationship: Diskon dan promo
5. Revenue streams: Penjualan produk makanan dan minuman
6. Key resources: Fasilitas untuk melengkapi dapur dan cafe, tenaga kerja, produsen makanan dan minuman yang berkualitas
7. Key activities: Membeli bahan makanan dan minuman dari produsen, mengolah bahan makanan dan minuman dengan baik, menjaga kualitas makanan dan minuman
8. Key partnership: Mitra pengemudi ojek online, produsen bahan makanan dan minuman 
9. Cost structure: Pembelian perlengkapan dan peralatan cafe, gaji karyawan, bagi hasil dengan driver ojek online, biaya marketing 

Berikut adalah video yang saya buat mengenai BMC dari bisnis saya



Itulah 9 building block dari bisnis saya, saya harap teman-teman paham yaa dan semoga artikel saya bermanfaat untuk kalian. 

Berikut adalah proposal dari bisnis ini https://drive.google.com/file/d/14aQKe8aALjGRZoRK3ndYibRUQYOCKJGx/view?usp=sharing

Saya akhiri sampai sini dulu ya teman-teman, kurang lebihnya mohon maaf, sampai jumpa di artikel berikutnya!!
 

No comments:

Post a Comment