Thursday, June 11, 2020

Ide Bisnis

5 Tips Mengevaluasi Ide Bisnis yang Potensial dan Menjanjikan ... 

Halo semuanyaa, kembali lagi bersama Gasel~
Sekarang Gasel mau bawain artikel tentang bagaimana menemukan ide bisnis.
Sebelumnya kalian tahu gak pengertian dari ide bisnis itu apa?  kalau belum tahu simak artikel ini yaa

Ide bisnis adalah respon seseorang, banyak orang, atau suatu organisasi untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di suatu lingkungan (pasar, masyarakat). Mencari ide bisnis merupakan langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreatifitas pengusaha menjdi peluang usaha/bisnis.

Nah untuk menemukan ide bisnis ada beberapa sumber loh, Gasel bakal beritahu kalian agar kalian lebih mudah menemukannya. Berikut adalah beberapa sumber untuk menemukan ide bisnis:
  
Pengalaman kerja  

Ide bisnis yang sangat baik menurut saya adalah suatu ide yang bersumber dari pengalaman kerja Anda. Dengan pengalaman kerja pada suatu perusahaan, tentunya menjadikan Anda sebagai orang yang mahir dalam hal tersebut. Sehingga untuk membangun bisnis yang serupa atau bisnis yang sesuai dengan keterampilan Anda akan lebih mudah.
Contohnya jika Anda bekerja pada suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang perbaikan, pemasangan atau perawatan pendingin ruangan. Kalau sudah bekerja selama bertahun-tahun pada bidang tersebut, tentunya Anda akan mahir dari semua permasalahan yang timbul menyangkut pekerjaan Anda. Dalam rentang waktu bertahun-tahun, Anda akan mengetahui bagaimana sistem kerja perusahaan, teknik pemasaran, supplier spare part dan sebagainya. Dengan mengetahui berbagai macam hal tersebut, maka akan memudahkan Anda jika membuka suatu usaha yang sejenis dan kemungkinan besar akan berhasil.


Hobi salah satu sumber ide bisnis

 


Menjadikan hobi sebagai suatu usaha merupakan hal yang menyenangkan, sambil berenang minum air. Sehingga dalam menjalankan bisnis tersebut Anda akan selalu bersemangat yang memang harus selalu terjaga dalam diri setiap insan bisnis. Peluang Anda menjadi seorang pengusaha sukses sangat besar dengan menekuni suatu usaha yang merupakan hobi. Kenapa tidak, semua permasalahan, pengembangan ide dan sebagainya sudah Anda kuasai sebelumnya. Bahkan mungkin saja penguasaan akan hobi tersebut lebih baik dari pada pencipta dari suatu alat pendukung dari hobi yang bersangkutan. Anda hanya diharuskan mencari celah atau tempat dimana bisnis tersebut layak untuk dikembangkan. Memiliki teman yang banyak sesuai dengan hobi Anda, akan mempermudah dan mempercepat kesuksesan. Itulah kenapa kami menjadikan sumber ide bisnis dari hobi merupakan salah satu ide yang power full.

Contohnya adalah ketika anda hobi memasak, anda bisa menyalurkan hobi memasak dan mendapatkan penghasilan dengan cara membuka warung makan/restoran.

Pengalaman pahit

 


Banyak pengusaha sukses menemukan ide bisnis mereka dari pengalaman yang tidak menyenangkan. Mereka tidak ingin orang lain mengalami hal yang sama, maka mereka menciptakan suatu usaha yang mampu memecahkan masalah yang telah dialaminya.


Contohnya karena susahnya mendapat parkir yang nyaman, aman dan mudah, maka timbullah suatu ide usaha tempat parkir kendaraan dengan fasilitas parkir valet. Jadi semua pengalaman pahit Anda bisa dijadikan sebagai sumber ide usaha.
 
Pendidikan
 
Sebagian besar orang yang mengenyam pendidikan mendedikasikan dirinya pada sebuah perusahaan, baik itu perusahaan besar maupun perusahaan dengan skala kecil. Tapi tidak sedikit pula orang yang berhasil memanfaatkan ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah dengan membangun sebuah bisnis. Maka dari itu, jika kalian belum menemukan ide bisnis yang cocok, ada baiknya memanfaatkan ilmu dari bangku kuliah menjadi sebuah bisnis. Disamping menguasai hal tersebut, tentunya kalian tidak akan mudah bosan dan menyerah jika menemukan kendala dikemudian hari.

Contohnya adalah les privat nampaknya menjadi bisnis di bidang pendidikan yang membutuhkan modal relatif kecil namun bisa menjanjikan penghasilan yang relatif besar. Modal kalian adalah pengetahuan, waktu, kendaraan, dan tenaga. Kalian hanya tinggal menyediakan waktu dan tenaga untuk memberikan pengajaran yang lebih intens pada anak didik yang merasa kesulitan mendalami pelajaran di sekolah. Keuntungan dari menekuni bisnis ini adalah kalian mendapatkan penghasilan yang relatif besar (tergantung pada tingkat pendidikan murid yang kalian ajar), terkadang masih mendapatkan suguhan yang tidak sedikit, hingga belajar mendidik anak. Dengan menjadi pribadi yang mengajar secara independen, bukan tergabung pada lembaga bimbingan belajar, kalian tidak akan terbebani dengan berbagai aturan dan target jam mengajar yang harus dipenuhi. Selain itu, fee yang kalian terima tentu tidak akan terpotong.

Kreativitas
 
Kreativitas seseorang dalam menciptakan produk yang unik dan bermanfaat bagi orang banyak merupakan sember ide bisnis. Dengan kreativitas produk yang dihasilkan akan memiliki daya tarik tersendiri bagi kebanyakan konsumen.


Contohnya adalah kompor Berbahan Bakar Non-Minyak Bumi. Ide ini cocok bagi yang sedikit punya interest di bidang ilmiah, tetapi tetap punya sense of business yang tinggi. Membuat kompor dengan bahan bakar non-minyak bumi, seperti kompor dengan bahan bakar minyak nabati atau bahan bakar lainnya akan cocok diaplikasikan bagi yang sering menghadapi fluktuasi harga BBM. Tentunya dengan harga yang murah supaya bisa bersaing dengan kompor berbahan bakar minyak.


Itulah sumber-sumber menemukan ide bisnis, agar kalian lebih paham kalian juga bisa melihat video yang akan saya upload 


Bagaimana? Apakah teman-teman sudah paham? saya harap iya ya :) Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. See u guys~

 


No comments:

Post a Comment