Haloo
semua~ kembali lagi sama gue Gasella! Gua udah balik lagi nih dengan
membuat sebuah artikel baru. Artikel tentang apa tuh? Yap sesuai judul
yang gua kasih, gua bakal ngebahas tentang Business Model Canvas disini.
Untuk kalian para calon pengusaha sukses kalian wajib baca artikel ini
yaa, karena artikel ini sangat penting dalam untuk membuat perencanaan
bisnis sebelum dibentuk.
Sebelumnya apa kamu tahu apa itu Business Model? Business Model adalah gambaran dasar
bagaimana sebuah organisasi membuat, men-deliver dan menangkap value
yang ada. Business Model bersifat seperti blueprint untuk strategi yang
akan diimplementasikan ke seluruh organisasi, proses dan sistem.
Pada
tahun 2008, seseorang bernama Alexander Osterwalder menciptakan sebuah
canvas yang dirancang untuk Business Model, atau bisa kenali dengan
Business Model Canvas (BMC). Apa itu Business Model Canvas? yaitu kerangka kerja yang dikenal banyak untuk mendefinisikan model bisnis startup.
Kanvas disusun dengan tujuan untuk menjelaskan, menilai,
memvisualisasikan, serta mengubah model bisnis sehingga kinerja yang
dihasilkan oleh startup lebih maksimal. Model bisnis ini bisa diterapkan oleh semua jenis startup tanpa terbatas sektor usaha.
Semua pelaku bisnis harus memiliki pemahaman yang sama terhadap Business
Model sehingga diperlukan sebuah konsep yang dapat memberikan satu
gambaran standar. Konsep ini harus simple, relevan dan mudah dipahami
secara intuitif. Konsep inilah yang diberi nama 9 Building Blocks.
Konsep ini sendiri telah diaplikasikan dan diuji coba di seluruh dunia
dan telah digunakan di beberapa organisasi, seperti IBM, Ericsson,
Deloitte, the Public Works and Government Services of Canada dan banyak
lagi.
9 Building Block adalah konsep yang dapat mendeskripsikan dan
menunjukkan logika bagaimana sebuah perusahaan menghasilkan pendapatan
(make money). Berikut adalah 9 Building Block yang ada pada Business Model Canvas, yaitu:
1. Customer Segment
Yaitu menentukan secara pasti siapa-siapa yang akan dilayani untuk menjadi customer kita. Contoh : Klub sepakbola/futsal, fans klub-klub sepakbola dan lain-lain
2. Value Proposition
Membundling produk atau jasa untuk dikreasikan menjadi suatu nilai spesifik dalam membidik Customer Segment atau diistilahkan USP (unique Selling Point),
untuk itu kita harus menentukan apa-apa yang kita tawarkan, apa masalah
mereka dan apa kebutuhan mereka. Contoh : Layanan design secara Customized personality, layanan cepat berkualitas dan lain sebagainya
3. Channels
Menggambarkan bagaimana Value Proposition (VP) disampaikan ke
Customer Segment (CS), bagaimana cara mengkomunikasikan, bagaimana cara
pendistribusiannya dan melalui saluran apa. Contoh : memakai jasa kurir,
media online dan lain-lain.
4. Customer Relationship
Channels mendeskripsikan bagaimana perusahaan berkomunikasi dan
menggapai segmen customer mereka untuk men-deliver Value Proposition.
Komunikasi, distribusi dan penjualan merupakan interface antara
perusahaan dan pelanggan.
5. Revenue Streams
Revenue stream terbagi menjadi cost atau
pendanaan dan revenue atau pendapatan. Dengan kata lain, di sini
dijelaskan mengenai sumber asal modal dan objek yang berpotensi menghasilkan
keuntungan.
6. Key Resources
Asset apa saja yang kita miliki atau diperlukan untuk dapat menghasilkan Value Proposition (VP) sehingga dapat menghasilkan revenue Stream (RS) . Misal: mesin produksi, tenaga kerja, website.
7. Key Activities
Tindakan-tindakan apa yang dapat kita lakukan untuk menghasilkan Value proposition (VP) sehingga menghasilkan Revenue Stream (RS). Misal: Menjaga kualitas produk, sales support dan lains sebagainya.
8. Key Partnership
Dalam berbisnis tentunya tidak sendirian dan harus menentukan dengan
siapa kita berpartner dan dengan cara apa. contoh : Suplier/vendor,
agen dsb.
9. Cost Structure
Cost strutcture adalah biaya-biaya yang timbul untuk dapat menghasilkan Value Proposition (VP). Contoh : gaji karyawan, biaya operasional dan lain sebagianya.
Nah
itulah 9 Building Block yang ada pada Business Model Canvas,
selanjutnya gua bakal ngasih contoh ke kalian tentang BMC dari Usaha
Strawberry30 bertujuan untuk memproduksi makanan sehat berbahan dasar
buah strawberry segar.
Sekian
artikel dari saya mengenai Business Model Canvas, semoga bermanfaat ya
buat kalian!! Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya~
No comments:
Post a Comment