Dalam berwirausaha sebaiknya perlu memperhatikan beberapa aspek-aspek pemasaran karena hal tersebut termasuk hal yang penting yang harus dilakukan dalam untuk mencapai keuntungan dan mewujudkan tujuan serta visi misi dalam berwirausaha.
Sebelumnya apakah kamu tau apa itu pemasaran? Pemasaran menurut Philp Kotler adalah suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan melalui proses pertukaran. Menurut American Marketing Association adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk membuat,
mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk
mengelola hubungan pelanggan menggunakan cara yang menguntungkan
organisasi dan pemangku kepentingannya.
Aspek-aspek pemasaran dalam berwirausaha antara lain:
A. Analisa Pasar
Analisa pasar merupakan langkah pertama dalam merencanakan strategi yang
sesusai dengan kondisi pasar untuk menangkap peluang dan mengembangkan
usaha. Pada umumnya analisis ini akan menghasilkan pembaharuan dalam
bentuk pemasaran, keuntungan yang diperoleh jika membeli suatu produk
seperti diskon dalam situasi dan keadaan tertentu atau berupa hadiah
langsung. Analisa ini akan membuat aktivitas pemasaran semakin tepat sasaran.
Selain itu, seorang wirausaha juga dapat lebih memahami seperti apa
situasi, jenis produk, keadaan, dan bentuk promosi yang akan diberikan
kepada konsumen.
B. Peramalan Permintaan
Kotler mengemukakan definisi permintaan pasar bagi suatu produk adalah
“volume total yang akan dibeli oleh kelompok pembeli tertentu dalam
lingkungan pemasaran tertentu dan program pemasaran tertentu pula”.
Melihat definisi tersebut kita dapat melihat bahwa permintaan pasar itu
bukanlah merupakan sebuah konsep yang sederhana karena di dalamnya
terdapat 8 unsur penting seperti produk, volume total, dibeli, kelompok
pembeli, daerah geografis, periode waktu, lingkungan pemasaran, program
pemasaran.
C. Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah pembagian segmen suatu pasar berdasarkan
pembeli. Pada umumnya, demografi, tingkat penghasilan, psikografis, dan
kelas sosial menjadi dasar dalam melakukan segmentasi. Dengan melakukan
segmentasi pasar, seseorang dapat meraih laba maksimum dan strategi
pemasaran akan berjalan dengan lancar.
Faktor-faktor yang digunakan untuk menyusun aspek pemsaran segmentasi pasar adalah :
- Demografi. Seperti umur, kepadatan penduduk, jenis kelamin, agama, kesukaan, pendidikan dan sebagainya.
- Tingkat Penghasilan
- Sosiologis. Seperti kelompok budaya, kelas-kelas sosial dan sebagainya
- Psikologis/psikhografis. Seperti kepribadian, sikap, manfaat produk yang diinginkan dan sebagainya.
D. Analisa Pesaing
Analisa pesaing adalah satu dari aspek pemasaran dalam studi kelayakan
bisnis yang cukup siginifikan. Analisis aspek pemasaran ini menjadi
penentu dimana posisi kita dalam dunia bisnis. Pesaing merupakan
perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang dan jasa yang
memiliki kemiripan dengan produk yang kita hasilkan / tawarkan. Analisa
pesaing yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan identifikasi
terhadap kesempatan, ancaman atau persoalan strategis yang timbul dari
pergantian suasana bersaing yang potensial. Selain itu melakukan
identifikasi terkait kekuatan dan kelemahan pesaing perlu dilakukan
untuk melihat peluang yang ada.
E. Promosi
Promosi merupakan upaya dari penjual untuk menawarkan produknya kepada
pembeli atau konsumen supaya konsumen berminat untuk melakukan
pembelian. Promosi merupakan bagian yang sangat vital dalam aspek
pemasaran dimana melalui promosi, penjual dapat memberikan informasi
secara luas mengenai produk, mempengaruhi dan melakukan langkah
persuasif kepada konsumen, dan juga dapat mendekatkan konsumen terhadap
produk yang ditawarkan. Promosi memiliki tujuan yang ingin dicapai sehingga dalam penyusunan
strategi promosi dapat tepat sasaran dan dilakukan seefisien mungkin.
Berikut tujuan dari promosi adalah memberitahu konsumen tentang
penawaran produk, mengingatkan kepada konsumen akan manfaat dari produk
yang kita tawarkan, membujuk konsumen untuk melakukan transaksi
pembelian, merubah perilaku konsumen, mempertahankan merk produk
perusahaan di mata konsumen.
Sekian artikel mengenai aspek pemasaran dalam berwirausaha, semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment