Thursday, March 19, 2020

Merintis Usaha Baru

Image result for gambar karikatur sedang mikir 


Di jaman sekarang, sangat memungkinkan diri kita untuk memulai usaha baru. Kenapa begitu? karena sekarang dunia sudah semakin canggih, modern, dan memiliki peluang yang sangat besar.

Tapi, sebelum memulai usaha baru alangkah baiknya seseorang harus memiliki tujuan yang jelas dan memahami bisnis yang akan digelutinya. Biasanya seseorang memulai bisnis berdasarkan hoby yang dia miliki, contohnya seorang ibu rumah tangga yang gemar membuat kue akhirnya dia mulai membuka usaha kue.

Untuk kamu yang baru ingin memulai bisnis, bisa memulainya dengan beberapa cara, yaitu:

1. Menentukan Ide atau Jenis Usaha

Langkah pertama dalam memulai usaha baru adalah menetukan ide atau jenis usaha. Seperti usaha apa yang akan kamu geluti? kamu harus menentukannya terlebih dahulu sebelum memulai bisnis, karena jenis-jenis usaha sangat banyak, dan kamu fokuskan dulu terhadap ide yang akan kamu ambil.

2. Tentukan Tujuan

Apa tujuanmu dalam merintis usaha? Untuk mengembangkan kemampuanmu, untuk mendapatkan keuntungan, keduanya, atau ada hal lainnya? Tentukanlah dari sekarang.

3. Tentukan Visi dan Misi

Selanjutnya tentukan visi dan misi-mu dalam membangun usaha agar terstruktur dan jelas dan untuk menghindari kerugian.

4. Melihat Perilaku Konsumen

Memperhatikan perilaku konsumen-pun bisa menjadi hal penting karena apabila usaha yang akan kita jalani sangat diminati oleh konsumen, maka keuntungan yang akan kita dapat akan lebih banyak.

5. Mencari Lokasi yang Strategis

Menempatkan suatu usaha dalam lokasi yang strategis-pun juga sangat penting, agar konsumen dapat lebih mudah menemukan usaha kita dan lebih banyak mendapatkan perhatian daripada lokasi yang tidak strategis.

6. Mempersiapkan Segalanya

Setelah menentukan ide usaha dan mencari lokasinya, kamu harus mempersiapkan modal awal yang sesuai dengan apa yang sudah kamu tentukkan sebelumnya agar tidak terjadi kegagalan dalam usaha. Kamu juga harus mempersiapkan perlengkapan, peralatan, dan apapun itu yang sesuai dengan kebutuhan usaha kamu. Itu semua harus kamu perhitungkan sebelum memulai usaha.

7. Promosi

Promosi harus kamu lakukan agar mengundang minat para konsumen. Promosi bisa dilakukan dengan banyak hal, antara lainnya bisa melalui koran, brosur, spanduk, iklan di tv, iklan di baliho dll sesuai modal kamu.

8. Hadapi dan Terima Kegagalan

Apabila usaha kamu mengalami kegagalan, alangkah baiknya kamu menerima itu dan jangan membuatmu stress dan putus asa, cari tahu hal apa yang membuat usahamu gagal, evaluasi kesalahan itu dan jangan mengulanginya lagi, kamu juga harus belajar terus menerus karena usaha tidak akan menghianati hasil!!!

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu terapkan sebelum merintis usaha. Jangan lupa kalian harus optimis ya dan jangan mudah menyerah~

No comments:

Post a Comment